Jumat, 21 November 2014

TUGAS SOFSTSKILL MINGGU KE - 8

                            MENGENDALIKAN FUNGSI MANAJEMEN
A.    Definisi Controlling (pengendalian)
Menurut beberapa tokoh controlling adalah
1.      Menurut Henri Fayol 
Pengendalian adalah  suatu usaha terdiri dari melihat bahwa segala sesuatu yang sedang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah diadopsi, perintah yang telah diberikan, dan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan. Adalah penting untuk mengetahui kesalahan agar mereka dapat diperbaiki dan dicegah dari berulang.
2.      Menurut EFL Breach
Pengendalian adalah perbandingan kinerja saat ini terhadap standar yang telah ditentukan yang terkandung dalam rencana, dengan maksud untuk memastikan kemajuan yang memadai dan kinerja yang memuaskan.
3.      Menurut Harold Koontz
Pengendalian adalah pengukuran dan koreksi kinerja dalam rangka untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan perusahaan dan rencana yang dirancang untuk mencapainya tercapai.
B.     Langkah-Langkah dalam Kontrol
1.      Measuring
Untuk menentukan apa kierja yang sebenarnya. Empat sumber daya yang sering digunakan para manajer untuk mengukur kinerja adalah observasi personal, laporan statistic, laporan lisan dan laporan tertulis. Apa yang akan diukur meupakan hal paling penting dari proses controlling. Beberapa kriteria controlling dapat digunakan dalam berbagai situasi manajemen. Dalam langkah ini, pihak manajemen mengukur tingkat kinerja perusahaan.
2.      Comparing
Untuk menentukan tingkat perbedaan antara kinerja yang sesbenarnya dengan standar kinerja yang diinginkan. Dalam hal ini untuk menentukan tingkat perbedaan digunakan variasi. Meskipun beberapa variasi dalam kinerja dapat diekspektasi namun tetap penting untuk menentukan tingkat dimana varias masih dapat diterima. Dalam langkah ini pihak manajemen menmbandingkan kinerja yang telah diukur sebelumnya dengan standar kinerja yang diinginkan atau telah ditetapkan sebelumnya.
3.      Taking Managerial Action
Tahap ketiga adalah mengambil tindakan manajerial. Dalam langkah ini pihak manajemen mengambil tindakan atas pengukuran dan pembandingan yang telah dilakukan sebelumnya. Terdapat 3 hal yang mungkin dilakukan pihak manajemen dalam tahap ini, tidak melakukan apa-apa, memperbaiki kinerja, atau merevisi standar yang sebeluumnya telah ditetapkan.
                                    Kasus :
            Perusahaan taksi blue bird, Dalam mengawasi armadanya sehari hari , pemilik perusahaanmembutuhkan orang yang handal dalam bidang IT untuk menditeksikeberadaan armada blue bird , sehingga penggunaan bahan bakar dapattercatat dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas pelanggannya blue bird menyediakan creditvoucher yang digunakan tidak untuk corporate saja namun juga digunakan untuk perorangan. Jadi semakin sering pemakaian jasanya dalam kurun waktu satu bulan makan semakin besar diskon yang akan pelanggan dapatkan.
Analisis :
Ketika controlling di terapkan dalam perusahan, maka perusahaan tersebut bisa berjalan dengan baik dan perusahaan tersebut dapat berjalan lama kokoh serta kuat.
                       
                                    Sumber :
Robbins, Stephen P & Coulter, Marry. 2007. Management,
    ninth edition. Pearson International Editon.
Henri Fayol (1949). General and Industrial Management. New

York: Pitman Publishing. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar