Kamis, 21 Maret 2013

MAKANAN KHAS KOREA SELATAN




Awalnya Negara korea selatan dan korea utara  mereka menyatu tapi pada tanggal 15 agustus 1948 korea selatan dan korea utara resmi memisahkan diri. Disini saya akan menjelaskan tentang makanan khas dari negara gingseng tersebut. tapi sebelumya saya akan menjelaskan tentang makanan korea yang disajikan mentah, kalau anda pernah makan direstoran korea satu yang membedakan dengan restoran disini atau restoran siap saji adalah penyajiannya. Di korea rata-rata makanan,terutama yang jenis ayam dan daging (barbeque) di hidangkan dalam kondisi tidak siap sajiatau tidak siap santap. Yaitu masih mentah baru setengah matang dibumbui dan belum di masak. Selama makan andalah yang harus memasak sendiri dan membakar dan membolak-ballik daging di tungku yang disajikan tungku pemanas untuk memanaskan makanan yang disajikan di meja anda. Itu tadi cara makan di restoran korea dan sekarang makanan –makan khas dari negara gingseng yaitu :
1.     Kimcihi
Kimchi adalah makanan tradisional korea,salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang di beri bumbu pedas.setelah di garami dan dicuci, sayuran di campur dengan bumbu yang di buat dari udang krill, kecap ikan, bawang puting,jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di korea,kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis bachan yang paling umum.
2.    Bulgogi
Bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula di tambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi,bawang putih,atau penyedap lain sesui selera. Daging yang di gunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging yang bagus dari seekor sapi.
3.    Bibimbap
Bibimbap adalah makanan korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk diatasnya berupa sayur-sayuran,daging sapi, telur, dan sambal gonchujang.intinya sih kaya nasi campurkalo di indonesia, tapi kalo bibimbab ini dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah di panaskan disebut juga : dolsot bibimbap artinya mangkuk batu. Panas dari mangkok batu akan mematangkan telur mentah yang di letakan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi di masukkan, minyak wijen dituangkan didasarkan mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.
4.    Gimbap
Gimbab atau kimbap makanan ringan khas korea yang paling di gemari, gimbap dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering disebut dengan gim. Isinya bisa bemacam-macam seperti daging,sosis atau omelet gimbap dipotong menjadi ukuran kecil dan disajikan dingin,biasanya disajikan dengan danmuji dan kimchi.
5.    Tteok
Tteok adalah penganan atau kue asal korea yang dibuat dari serealia,terutama beras atau ketan.bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di korea.tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim,termasuk perayaan tahun baru korea.walaupun dimasak tteok yang dibuat dari beras tidak menjadi liat sehingga di pakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng.tteok berbetuk batang yang dimasak bersama gochujang dan gula pasir disebut tteokbbokki. Tteok juga dimasukkan kedalam berbagai masakan seperti galbi. Tteok yang dimakan sebagai kue dibuat dari ketan dengan madu dan gula sebagai pemanis. Sebagai perisa ditambahkan antara lain sejenis labu parang,kacang hijau, kacang azuki atau wijen.
6.    Jeongol
Jeongol adalah makan korea berupa sebagi sup yang direbus di dalam panci besar, dan dihidangkan ditengah-tengah meja untuk dimakan bersama.makanan ini biasanya berisi irisan daging sapi,jeroan,berbagai jenis makanan laut, dan ditambah berbagai jenis sayuran,jamur dan bumbu-bumbu lainnya.semua bahan direbus bersama di dalam panci dangkal untuk memasak jeongol  yang disebut jeongolteul. Makanan ini umumnya dibuat pedas karena di beri bumbu gochujang dan bumbu cabai. Selain itu, jenis kaldu yang digunakan untuk merebus bargantung kepada bahan utama yang menjadi isi sup.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar