Rabu, 18 Desember 2013

#PTI Jurnal mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Prestasi Akademik

Disini saya akan membahas rangkuman dari 3 jurnal yang saya pelajari mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik.
Prestasi belajar atau akademik adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata, yakni prestasi dan belajar. Untuk memahami lebih jauh tentang pengertian prestasi belajar, peneliti menjabarkan makna dari kedua kata tersebut. Banyak cara untuk mengukur prestasi belajar siswa misalnya dengan cara melakukan tes tertulis ataupun tes lisan. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi prestasi akademik yaitu :
Menurut syah 1995, Sudjjana 1992 ada dua faktor yang digolongkan yaitu
a.    Faktor internal adalah faktor dari dalam diri siswi yang meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa
b.    Faktor internal adalah faktor dari luar diri siswa yang meliputi kondisi lingkungan sosiaal dan non-sosial.
Dari jurnal yang saya baca Media (internet) juga merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi akademik kenapa? Karena media internet dapat diartikan manusia, benda maupun peristiwa yang memungkinkan anak didik memperolehpengetahuan dan keterampilan. Media internet dijadikan alat perantara apabila terjadi ketidakjelasan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis TIK, akan mendukung keberhasilan pembelajaran, karena memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi embelajaran yang sedang di bahas, karena dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi mudah atau lebih sederhana. Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau objek yang abstrak (tidak nyata, tidak dapat dilihat langsung) menjadi konkrit (nyata dapat dilihat,dirasakan, atau diraba), membantu pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga peserta didik pun mudah di pahami,lama diingat dan mudahdiungkapkan kembali. Mempergunakan internet sebagai alat bantu belajar yang di gunakan untuk menyampaikan bahan-bahan intruksional dalam proses belajar mengajar yang berupa jaringan computer lainnya ke seluruh penjuru dunia sehingga mempermudah pencapaian tujuan pengejaran tersebut.
Jadi kesimpulannya bahwa media internet lah yang merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi akademik karena internet adalah dapat memberikan pemahaman yang lebih, penyajian materi pembelajaran lebih menarik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta dapat menghemat waktu, bisa juga sebagai akses media belajar yang relevan, download informasi yang relevan, berinteraksi dengan media lain, ataupun berinteraksi dengan orang lain.




Sumber :

                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar