Manfaat
Perencanaan
a. Perencanaan
dapat membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan terorganisasi menuju arah yang sama.
b. Perencanaan
yang di susun berdasarkan penelitian yang akurat akan menghindarkan kesalahn –
kesalahan yang mungkin terjadi.
c. Perencanaan
memuat standar – standar atau batas – batas tindakan dan biaya sehingga memudahkan pelaksanaan pengawasan.
d. Perencanaan
dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan, sehingga aparat
pelaksana memiliki irama atau gerak dan pandangan yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
Jenis
Perencanaan dalam Organisasi
a.Perencanaan
strategi dibuat oleh manajemen puncak dengan jangka panjang untuk kurun waktu
lebih dari lima tahun yang memperlihatkan tujuan organisasi dalam posis dengan lingkungan.
b.Perencanaan
taktis dibuat oleh manajemen puncak dan menengah dengan jangka waktu 1 sampai 5
tahun yang didalamnya mengatur sumber – sumber yang akan digunakan untuk menolong organisasi dalam mencapai tujuan strategis.
c. Perencanaan
operasional dibuat oleh manajemen menengah dan bawah untuk jangka waktu kurang
dari 1 tahun. rencana ini sifatnya spesifik dan berwujud yang didalamnya
terdapat resiko, akan tetapi biasanya banyak informasi yang masuk ketangan
manajer dalam pengambilan keputusan.
KASUS :
Perusahaan
Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“Telkom”, ”Perseroan”,
“Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan
telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada
hukum dan peraturan yang berlaku di negara ini. Dengan statusnya sebagai
perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang
saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia sedangkan
sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di Bursa Efek
Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange (“NYSE”), London Stock Exchange
(“LSE”) dan public offering without listing (“POWL“) di Jepang. Layanan
telekomunikasi dan jaringan Telkom sangat luas dan beragam meliputi layanan
dasar telekomunikasi domestik dan internasional, baik menggunakan jaringan
kabel, nirkabel tidak bergerak (Code Division Multiple Access atau “CDMA”)
maupun Global System for Mobile Communication (“GSM”) serta layanan
interkoneksi antar operator penyedia jaringan. Di luar layanan telekomunikasi,
Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan aplikasi,
melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIME. Bisnis telekomunikasi
adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat legacy,
sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new
wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk
berbasis kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus
meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang
sangat terbuka. Adalah obsesi Perusahaan untuk secara berkelanjutan membantu
mengembangkan usaha kecil dan menengah menjadi perusahaan dengan skala besar,
dengan tetap mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat luas. Selain
itu, Perusahaan juga terus melakukan diversifikasi usaha baik melalui merger
ataupun akuisisi. Saat ini Perusahaan sedang memperkuat fundamental
jaringan broadband di kawasan Indonesia Timur melalui proyek Palapa
Ring sehingga dapat mewujudkan jaringan nasional yang kuat dengan nama
Nusantara Super Highway. Komitmen Kami terhadap konektivitas dan mobilitas data
yang handal dan terpercaya, mampu meningkatkan jumlah pelanggan broadband Kami
menjadi 10,5 juta pelanggan per 31 Desember 2011, atau meningkat sebesar 64,3%.
Sementara itu, pelanggan layanan seluler meningkat pesat sebesar 13,8% atau 13
juta pelanggan baru sehingga total pelanggan seluler menjadi 107 juta.
Pertanyaan
:
Termasuk
kedalam jenis perencanaan apa ini ?
Jawab
:
Termasuk
kedalam Perencanaan strategi karena dibuat oleh manajemen puncak dengan jangka
panjang untuk kurun waktu lebih dari lima tahun yang memperlihatkan tujuan
organisasi dalam posis dengan lingkungan. Dari pt kecil hingga berkembang pesat
seperti sekarang ini.
Sumber
:
S,
Alam.(2007). Ekonomi, Erlangga :
Jakarta
Arifin,
imamul, dkk. (2007). Membuka Cakrawala
Ekonomi. Bandung :PT Setia Purna Inves
Tidak ada komentar:
Posting Komentar