Minggu, 19 Oktober 2014

tugas softskill minggu ke 3

Manfaat Perencanaan
a. Perencanaan dapat membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan         terorganisasi menuju arah yang sama.
b. Perencanaan yang di susun berdasarkan penelitian yang akurat akan menghindarkan                 kesalahn – kesalahan yang mungkin terjadi.
c. Perencanaan memuat standar – standar atau batas – batas tindakan dan biaya sehingga             memudahkan pelaksanaan pengawasan.
d. Perencanaan dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan, sehingga         aparat pelaksana memiliki irama atau gerak dan pandangan yang sama untuk mencapai             tujuan perusahaan.

Jenis Perencanaan dalam Organisasi
a.Perencanaan strategi dibuat oleh manajemen puncak dengan jangka panjang untuk kurun         waktu lebih dari lima tahun yang memperlihatkan tujuan organisasi dalam posis dengan           lingkungan.
b.Perencanaan taktis dibuat oleh manajemen puncak dan menengah dengan jangka waktu 1        sampai 5 tahun yang didalamnya mengatur sumber – sumber yang akan digunakan untuk        menolong organisasi dalam mencapai tujuan strategis.
c. Perencanaan operasional dibuat oleh manajemen menengah dan bawah untuk jangka waktu     kurang dari 1 tahun. rencana ini sifatnya spesifik dan berwujud yang didalamnya terdapat         resiko, akan tetapi biasanya banyak informasi yang masuk ketangan manajer dalam                 pengambilan keputusan.

KASUS :
Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“Telkom”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di negara ini. Dengan statusnya sebagai perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange (“NYSE”), London Stock Exchange (“LSE”) dan public offering without listing (“POWL“) di Jepang. Layanan telekomunikasi dan jaringan Telkom sangat luas dan beragam meliputi layanan dasar telekomunikasi domestik dan internasional, baik menggunakan jaringan kabel, nirkabel tidak bergerak (Code Division Multiple Access atau “CDMA”) maupun Global System for Mobile Communication (“GSM”) serta layanan interkoneksi antar operator penyedia jaringan. Di luar layanan telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIME. Bisnis telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang sangat terbuka. Adalah obsesi Perusahaan untuk secara berkelanjutan membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah menjadi perusahaan dengan skala besar, dengan tetap mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat luas. Selain itu, Perusahaan juga terus melakukan diversifikasi usaha baik melalui merger ataupun akuisisi. Saat ini Perusahaan sedang memperkuat fundamental jaringan broadband di kawasan Indonesia Timur melalui proyek Palapa Ring sehingga dapat mewujudkan jaringan nasional yang kuat dengan nama Nusantara Super Highway. Komitmen Kami terhadap konektivitas dan mobilitas data yang handal dan terpercaya, mampu meningkatkan jumlah pelanggan broadband Kami menjadi 10,5 juta pelanggan per 31 Desember 2011, atau meningkat sebesar 64,3%. Sementara itu, pelanggan layanan seluler meningkat pesat sebesar 13,8% atau 13 juta pelanggan baru sehingga total pelanggan seluler menjadi 107 juta.

Pertanyaan :
Termasuk kedalam jenis perencanaan apa ini ?


Jawab :
Termasuk kedalam Perencanaan strategi karena  dibuat oleh manajemen puncak dengan jangka panjang untuk kurun waktu lebih dari lima tahun yang memperlihatkan tujuan organisasi dalam posis dengan lingkungan. Dari pt kecil hingga berkembang pesat seperti sekarang ini.




Sumber :
S, Alam.(2007). Ekonomi, Erlangga : Jakarta
Arifin, imamul, dkk. (2007). Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung :PT Setia Purna Inves

Tidak ada komentar:

Posting Komentar